Senin, 30 Mei 2011

Barrel Adjuster, untuk mengatur presisi perpindahan gigi sepeda pada RD dan FD

Pentingnya Barrel Adjuster

Apa saja isi dari Barrel Adjuster
Seperti gambar dibawah ini, ada 3 komponen
  1. Sebuah Baut berlubang untuk penyesuaian tarikan / ketegangan kabel RD dan FD (kiri)
  2. Sebuah per untuk penahan plastik pemutar (tengah)
  3. Terpenting adalah pemutarnya, berbentuk seperti gerigi. Hitungan setiap lompatan gigi kecil pada plastik Barrel Adjuster disebut satu click. (kanan). Mengapa perlu disebutkan sebagai satu click. Indikator click hanyalah ukuran setiap pergeseran kabel shifter dengan Barrel Adjuster. Setiap anda memutar baut Barrel Adjuster akan terhenti karena tertahan oleh plastik yang di dorong oleh per dan menjadi penahan baut didalamnya.  Setiap anda memutar satu click, maka ketegangan posisi kabel shifter akan berubah, dan mempengaruhi presisi tidaknya pemindahan gigi dari shifter ke Derailleur(RD).



Bagaimana melakukan setting Barrel Adjuster pada Shifter untuk FD dan RD.
Untuk Front Derailleur (FD) umumnya memiliki setting Barrel Adjuster dibagian Shifter. Ketika gigi sepeda kurang naik, maka tarikan kabel perlu diperkuat. Caranya dengan memutar bagian Barrel Adjuster ke arah keluar untuk menambah tegangan pada kabel shifter. Demikian juga kondisi sebaliknya.

Untuk Rear Derailleur(RD) bisa diatur pada 1 atau 2 tempat (khusus untuk Shimano shifter dan Derailleur)
Penempatan Barrel Adjuster pada merek komponen sepeda memang berbeda beda. Shimano misalnya memiliki posisi Barrel Adjuster pada shifter dan RD / pemindah gigi belakang sepeda. Produk lainnya hanya menyediakan setting Barrel Adjuster pada Shifter saja.

Mengatur ketegangan kabel dari masing masing model Rear Derailleur
Untuk Rear Derailleur (RD) lama dan baru memiliki 2 perbedaan, karena ada 2 sistem penarikan kabel Shifter pada Rear Derailleur (RD) saat ini
Model Rear Derailleur (RD) lama :
Posisi rest atau istirahat berada pada gigi besar. Semakin tegang kabel shifter, maka
akan  menarik pemindahaan gigi besar ke arah gigi yang lebih kecil. Arahnya dari gigi 1 yang paling besar mengarah ke gigi 9 yang kecil.

Model Rear Derailleur (RD) baru
Posisi rest atau istirahat berada pada posisi gigi paling kecil misalnya gigi 9. Semakin tegang kabel shifter, maka gerakan RD akan memindahkan pergeseran dari gigi kecil ke arah gigi paling besar.
Contoh Rear Derailleur (RD) Shimano XTR terbaru atau RD tipe Shadow, mengunakan tarikan terbalik dibandingkan sistem Rear Derailleur (RD) lama. Ketika tarikan shifter terjadi maka RD akan menaikan posisi gigi dari gigi kecil ke besar. Jadi terbalik dengan sistem RD lama.

Setidaknya anda perlu mengetahui sistem kerja RD,sebelum melakukan perubahan Barrel Adjuster. Apakah Rear Derailleur (RD) adalah model lama atau model baru. Untuk mengatur perubahan Shifter perlu dilakukan perlahan. Shimano misalnya memberikan satuan click, pada setiap pergeseran tegangan kabel shifter.

Mengapa artikel khusus Barrel Adjuster dibuat.
  1. Banyak penguna sepeda sering membawa sepedanya ke bengkel, karena masalah gigi sepeda suka meloncat. Padahal belum tentu gigi sepeda memang bermasalah. Karena pabrikan memberikan bagian Barrel Adjuster untuk membantu penyetelan gigi sepeda agar lebih presisi. Bisa jadi masalah gigi sepeda anda dapat diperbaiki dengan mengatur posisi Barrel Adjuster
  2. Banyak penguna sepeda suka memainkan atau memutar bagian Barrel Adjuster, tetapi tidak pernah mengerti apa fungsi dan isi di dalam komponen tersebut. Dari sekedar iseng memutar bagian Barrel Adjuster, membuat gigi sepeda semakin tidak karuan. Bisa dibayangkan bila secara tidak sengaja ada yang memutar bagian ini, akan sangat merepotkan bila kondisi sepeda yang giginya tidak pas dalam perjalanan nantinya.
  3. Beberapa orang mengerti bagian Barrel Adjuster untuk mengatur pergerakan shifter dan gigi RD / FD agar lebih presisi. Tetapi tidak mengetahui seperti apa cara kerja dari Barrel Adjuster dan fungsi utama dari alat tersebut. Memutar tidak terarah hanya membuat perbaikan gigi sepeda seperti try and error. Bukan untuk memperbaiki, malah membuat posisi gigi sepeda semakin tidak karuan

    Dengan artikel ini para pesepeda dapat mengerti apa sebenarnya fungsi Barrel Adjuster. Setidaknya anda sudah mengetahui fungsi alat ini adalah untuk memperbaiki sistem pengoperan gigi sepeda lebih presisi. Kecuali masalah gigi sepeda anda tidak dapat diselesaikan sendiri, solusinya harus dibawah ke teknisi yang lebih ahli.

Letak Barrel Adjuster

Pernah mengalami gigi sepeda loncat, gigi sepeda tidak pas, bagaimana setting gigi sepeda bila mengalami masalah ini. Setting gigi sepeda atau nyetel Rear Derailleur (RD) dan Front Derailleur (FD) yang mulai tidak beres sebenarnya mudah. Pabrikan komponen sepeda sudah menyediakan satu komponen di dalam shifter dan RD sepeda. Bagian tersebut dinamai Barrel Adjuster, fungsi Barrel Adjuster untuk mempresisikan pemindahan gigi sepeda. Komponen ini tersembunyi bahkan mereka yang tidak pernah melakukan setting sepeda sendiri bisa saja tidak mengetahui keberadaan alat  Barrel Adjuster.

Barrel Adjuster adalah pengatur tarikan kabel shifter, gunanya mengatur ketepatan jatuhnya rantai pada bagian gigi depan dan gigi belakang sepeda.
Mirip seperti bagian rem sepeda, ketika rem tidak terlalu pakem atau kurang kuat mencengkram. Bagian untuk menarik kabel rem dapat diatur pada tuas rem.

Seperti apa Barrel Adjuster dan dimana letaknya Barrel Adjuster tersebut.
Umumnya setiap Shifter sepeda memiliki bagian Barrel Adjuster pada
shifter Rear Derailleur dan Front Derailleur

Bentuknya seperti dibawah ini, Bagian shifter sepeda memiliki tutup pada bagian penghubung kabel RD atau FD. Bagian penutup tersebut bukanlah penutup biasa, tetapi sebagai komponen Barrel Adjuster



Posisi Barrel Adjuster ketika dibuka



Atau pada bagian RD sepeda, khususnya pada produk Shimano memiliki setting Barrel Adjuster ke 2 di bagian RD



Lebih jelas dari komponen RD seperti gambar dibawah ini